Cara Mengobati Vertigo

Inilah Cara Mengobati Vertigo Sesuai Anjuran Dokter

Posted on

Padatnya pekerjaan yang harus dilakukan sehari-hari sering kali memicu masalah vertigo. Vertigo merupakan gangguan dimana kepala Anda terasa kunang-kunang yang disertai posisi badan tidak sanggup seimbang. Sebagaimana yang pernah dijelaskan di matabunda.com apabila vertigo terjadi cukup lama itu dapat mengganggu aktivitas dan harus istirahat total. Serta vertigo juga dapat menggangu proses menghitung usia kehamilan. Anda harus secepatnya mengobati vertigo dan jangan anggap hal ini enteng. Mengetahui cara mengobati vertigo pada awal gejalanya merupakan tindakan preventif yang harus Anda lakukan.

Beberapa Penyebab Kemunculan Vertigo

Timbulnya vertigo yang Anda rasakan bukan tanpa sebab. Ada banyak hal yang berpengaruh mengapa vertigo bisa menyerang Anda. Diharapkan setelah mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang mempengaruhi vertigo, Anda dapat melakukan pencegahan sejak awal. Inilah penyebab yang bisa memunculkan vertigo, antara lain :

  • Obat-obatan kimia yang terlalu sering dikonsumsi
  • Trauma kepala akibat jatuh
  • Terserang penyakit tumor otak
  • Posisi kepala yang salah saat tidur

Langkah Tepat Cara Mengobati Vertigo

Cara Mengobati Vertigo

Vertigo bisa dihilangkan dengan langkah-langkah tepat. Langkah-langkah inilah yang perlu Anda perhatikan saat terserang vertigo secara mendadak. Beberapa cara mengobati vertigo berikut ini umum dilakukan dan sesuai dengan apa yang telah dianjurkan dokter bagi penderitanya.

  1. Segera duduk saat timbul vertigo

Vertigo sering kali menyerang secara tiba-tiba, sehingga Anda tidak bisa memprediksinya. Nah, langkah tepat yang harus Anda lakukan saat terserang vertigo adalah dengan segera mengambil posisi duduk. Buatlah diri Anda rileks agar kepala Anda tidak semakin berat.

  1. Lakukan Pergerakan Kepala Secara Perlahan

Apabila Anda sudah dalam posisi duduk, selanjutnya gerakkan kepala sedikit demi sedikit. Gerakkan ini bertujuan agar kepala Anda tidak terlalu kaku karena menahan sakit. Lakukan secara perlahan dan berhenti saat Anda merasa pusing.

  1. Tidur dengan Tumpukan Bantal

Anda dapat berbaring jika saat posisi duduk sudah tidak kuat lagi menahan sakit. Tidur dengan tumpukkan bantal supaya posisi kepala sedikit lebih tinggi.  Akan tetapi, tidak perlu terlalu tinggi,buatlah senyaman mungkin.

  1. Jaga Bagian Kepala agar Tidak Terbentur

Kepala memang sangat rentan apalagi setelah mengalami benturan yang keras. Tidak hanya vertigo, masih banyak lagi penyakit yang lebih fatal lagi akibat benturan pada kepala. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kepala secara hati-hati. Gunakan helm pengaman saat sedang berkendara atau melakukan aktivitas lapangan.

  1. Konsultasikan Kepada Dokter

Cara mengobati vertigo yang terakhir adalah mengambil langkah untuk segera memeriksakannya di puskesmas atau dokter terdekat. Anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perawatan awal, tapi jika masih terasa sakit jangan sampai menunda untuk berobat secara medis.

Semoga cara mengobati vertigo yang sudah diulas di atas dapat membantu Anda. Jaga kesehatan dan istirahatlah secara teratur, karena vertigo akan datang ketika tubuh Anda sangat letih. Ingat bahwa Anda bukanlah robot yang mampu bekerja terus menerus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *