Manfaat aprikot

Buah Aprikot—Buah Kaya Antioksidan yang Mampu Mencegah Kanker

Posted on

Buah aprikot kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya, rasanya pun enak, mudah dicerna, rendah kalori (3 buah segar aprikot hanya mengandung 50 kalori dan 85 kalori pada 10 buah aprikot setengah kering), hampir bebas lemak, dan sangat bergizi. Satu cangkir setengah (83 gram) potongan aprikot hanya mengandung 40 kalori.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Dapat mencegah kanker. Warna aprikot yang gelap menunjukkan adanya kandungan karotenoids, spesifiknya yaitu antioksidan beta karoten, yang membantu pencegahan kanker.

Mengurangi LDL kolesterol. Aprikot mengandung pectin serat larut, yang mampu membantu menurunkan LDL kolesterol.

Mengurangi tekanan darah tinggi. Aprikot adalah sumber potassium yang sangat baik. Aprikot juga mengandung, fiber, zat besi, dan beta karoten. Proses pengeringan sebenarnya menambah konsentrasi dari nutrisi-nutrisi tsb, yang mana sangat baik untuk sistem peredaran darah Anda.

Bermanfaat untuk saraf dan otot. Terlepas dari bentuknya, aprikot kaya akan zat besi dan potassium, keduanya merupakan mineral penting untuk fungsi saraf dan otot, keduanya juga dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menghentikan penyakit mata. Beta karoten dalam aprikot bisa membantu mencegah katarak dan degenerasi macular yang disebabkan umur.

Resiko Untuk Kesehatan

Reaksi Alergi. Pengawet sulfida pada beberapa aprikot kering dapat memicu reaksi alergi atau serangan asma pada orang yang rentan terhadap kelainan ini. Juga, salisilat alami pada aprikot dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap aspirin.

Gigi berlubang. Aprikot kering meninggalkan residu lengket pada gigi yang bisa menyebabkan lubang.

Keracunan sianida. Dokter memperingatkan bahwa biji aprikot dalam bentuk apapun tidak boleh tertelan. Mereka mengandung amygdalin dalam jumlah relatif besar,amygdalin merupakan sejenis karbohidrat yang bereaksi dengan enzim pencernaan untuk menghasilkan hidrogen sianida.

Tips Memakannya

  • Tambahkan sedikit krim keju kambing ke dalam buah yang sudah dibelah dua dan taburi dengan kemangi segar untuk makanan pembuka yang elegan.
  • Campur buah aprikot yang sudah dipotong-potong dengan bawang manis dan mustard untuk bumbu sandwich kalkun.
  • Aduk potongan buah aprikot ke dalam bahan untuk membuat kue oatmeal.

Tips Membelinya

  • Cari buah aprikot yang berbentuk bulat dan warnanya orange keemasan.
  • Jauhi buah aprikot dengan warna yang hijau kekuning-kuningan, keras sekali, menciut, atau muncul benjol.
  • Buah aprikot yang agak lembek justru rasanya enak, tapi perlu langsung dimakan.

Tips Menyimpannya

  • Aprikot bisa akan matang dengan sendirinya di suhu ruang.
  • Supaya cepat matang, taruh buah aprikot dengan buah apel di kantung kertas.
  • Jika saat dipencet sudah agak sedikit lembek, itu berarti aprikot sudah bisa dimakan.
  • Taruh aprikot yang sudah matang dalam kuklas, jangan dicuci, dan bungkus dengan kertas atau kantung plastik. Aprikot akan bertahan sampai 2 hari.

Sumber: https://www.deherba.com/vitamin-b17-sebagai-terapi-anti-kanker-masa-kini.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *