bolehkah.com

5+ Rangkaian Gerakan Senam Aerobik Secara Sederhana Ketika di Rumah

Posted on

Melakukan Senam Aerobik Sederhana di Rumah

Senam Aerobik atau kardio adalah beberapa bentuk kegiatan yg bertujuan untuk mempertinggi denyut jantung selama durasi eksklusif.

Aerobik bermanfaat dalam mempertinggi aliran oksigen ke otot & jantung. Semakin banyak oksigen yg masuk, maka tubuh sebagai semakin sehat.

Senam aerobik juga bisa di kombinasikan dengan senam lantai. Mungkin dari  kalian masih belum mengetahui paham pengertian senam lantai dan sejarah senam lantai. Kalian juga pasti bingung memang bisa di padukan antara senam lantai dengan aerobic?

Sebelum kalian mencoba kombinasi ini, kalian harus paham terlebih dahulu tentang pengertian senam lantai beserta sejarah senam lantai 

Berikut ini merupakan beberapa rangkaian gerakan senam aerobik yg dapat dilakukan sendiri pada tempat tinggal .

Rocket jump

Berdirilah agak bungkuk dengan ke 2 kaki dibuka sedikit. Tekuk lutut sedikit. Tempatkan kedua telapak tangan dalam paha. Melompatlah menggunakan tangan lurus ke atas, dan meluruskan kaki. Mendaratlah dengan pelan. Kemudian posisikan tubuh pulang pada posisi sebelum lompat. Lakukan 2 set dengan pengulangan sebesar 15-25 kali.

Squat jump

Berdirilah tegap, kencangkan perut dan luruskan punggung. Kemudian berjongkoklah dengan mendorong bokong ke belakang seperti akan duduk dan punggung masih lurus misalnya membangun sudut 45 derajat. Lengan berada pada kanan kiri lutut. Lompatlah tinggi-tinggi menggunakan merentangkan tangan ke kanan dan kiri & kaki terbuka lebar. Mendaratlah dengan ringan dengan posisi kembali membungkuk & tangan berada pada sisi kiri kanan lutut. Lakukan dua rangkaian masing-masing dengan 15-25 pengulangan.

Squat

Dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu, julurkan ke 2 tangan ke depan & rendahkan paha dan bokong sampai mencapai posisi misalnya orang duduk di kursi, dengan posisi paha yang sejajar lantai. Jaga supaya punggung tetap lurus menciptakan sudut 45 derajat, kedua tangan lurus ke depan. Ulangi gerakan-gerakan tadi sebesar 15-25 kali.

Burpee

Dilakukan dengan rangkaian gerakan sebagai berikut:
– Dari posisi berdiri, ambil posisi jongkok dengan ke 2 tangan memegang lantai.
– Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang menggunakan kedua tangan permanen pada lantai, sampai membangun posisi push-up.

– Dengan cepat, pulang ke posisi jongkok tanpa mengganti posisi tangan, kemudian berdirilah dengan kedua tangan meraih ke atas.

– Ulangi gerakan ini sebesar 15-25 kali.

Apabila Anda telah lama nir melakukan olahraga rutin dan ingin melakukan senam aerobik, mulailah dengan durasi & intensitas ringan. Misalnya melakukan gerakan 5 mnt pada pagi hari, lalu 2-tiga hari berikutnya meningkat sebagai 10 mnt, dan seterusnya.

Apakah kalian pernah senam sekaligus berenang di kolam terpal. Jika kalian belum pernah yah boleh di coba itu termasuk kedalam olahraga antimainstrim ko

Namun jika Anda mempunyai penyakit kronis, konsultasikan dulu ke dokter sebelum berolahraga. Misalnya Anda mengidap artritis, maka Anda perlu menanyakan bagaimana supaya tetap dapat melakukan senam aerobik yang kondusif buat syarat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *