Kampung Warna Warni Malang

5 Keunikan Kampung Warna Warni Malang

Posted on

Sejak setahun lalu, Keluruhan Jodipan menjadi salah satu Tempat Wisata di Malang yang menarik banyak wisatawan. Apa yang menarik dari kampung ini? Bukankah kampung ini berada di kawasan pinggir sungai, kumuh, dan akan digusur? Kekurangan inilah yang akhirnya menjadi kelebihan yang membuat Kampung Jodipan jadi perkampungan padat penduduk yang bersih dan layak untuk dikunjungi.

Kampung Warna Warni Malang

Adalah beberapa orang Mahasiswa yang memiliki ide cemerlang mengubah kampung kumuh menjadi obyek Wisata Malang yang ramai pengunjung. Rasa iba melihat kampung tersebut saat akan digusur, membuat mereka berpikir keras cara untuk menghentikannya. Setelah itu terbersit ide untuk mewarnai seluruh rumah penduduk di daerah tersebut dengan warna-warna cerah yang mencolok, seperti, pink, hijau, kuning, biru, dan sebagainya. Setelah mendapatkan izin dan sponsor, mereka bekerja sama bersama warga mengecat seluruh dinding dan atap rumah penduduk. Untuk informasi lebih lanjut, mari kita bahasa sejarah dan keunikan kampung warna warni Malang ini.

1. Hasil Kreasi Mahasiswa UMM

Tak ada yang menyangka kampung menarik ini adalah hasil kreatifitas 8 mahasiswa UMM jurusan komunikasi. Ide yang berawal dari tugas praktikum ini dikembangkan menjadi sebuah karya seni dan menjadi destinasi Wisata Malang yang menarik.

2. Ide kreatif yang berasal dari kota Rio De Jeneiro

Kota Rio de Jeneiro, Brazil menjadi kota acuan para mahasiswa UMM dalam mengembangkan kreasinya. Sama halnya dengan Jodipan, Rio de Jeneiro juga berasal dari perkampungan kumuh yang kemudian disulap menjadi kawasan layak huni dan wajib untuk dikunjungi oleh 2 orang seniman kenamaan, yaitu Hass dan Han pada tahun 2006.

3. Mengubah wajah pemukiman kumuh

Pemukiman kumuh yang identik dengan sampah apalagi lokasinya yang berada di pinggir sungai, menjadikan kawasan ini memang harus segera direlokasi. Namun, rasa kasihan pada penduduk yang telah menetap lama di lokasi ini, memantik ide-ide kreatif mahasiswa untuk memperbaikinya, hingga akhirnya hadirlah Kampung Warna Warni, sebagai Tempat Wisata di Malang yang harus dikunjungi.

4. Penuh dengan lukisan 3d

Selain mewarnai semua rumah dengan warna-warna menarik, dinding-dinding rumah warga juga dipenuhi oleh gambar-gambar 3D unik yang mengundang pengunjung untuk berfoto ria. Selain itu sepanjang jalan di kampung ini, juga dipenuhi oleh hiasan-hiasan keren, seperti payung warna warni, berbagai macam bunga, spot-spot foto kece, dan sebagainya.

5. Adanya jembatan kaca

Untuk menghubungkan antara dua kampung yang berada di pinggir sungai, pemerintah pun membangun sebuah jembatan. Bukan jembatan biasa, tapi sebuah jembatan kaca yang cukup menguji adrenalin setiap orang yang melewatinya.

Bagaimana, menarik bukan? Banyak Destinasi Wisata Kota Malang lain yang bisa anda kunjungi saat berada di Kota Malang. Buatlah list perjalanan wisata anda dan nikmati berbagai keindahan yang ada di Kota Bunga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *